Langsung ke konten utama

GURAUAN RASULULLAH

Datang seorang nenek tua menemui Rasulullah. Beliau berkata kepada wanita tua renta itu, "Seorang nenek tidak bisa masuk surga."

Kontan pecahlah tangis nenek itu. Membayangkan betapa menderita nasibnya kelak di hari kiamat.

Rasulullah seraya tersenyum berkata, "Engkau bukan seorang nenek tua pada saat masuk surga. Karena Allah berfirman "Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan." (QS. Al Waqiah 35-36)

* * *

Suatu hari nabi Saw bersama sayidina Ali , sedang memakan kacang, sayidina Ali memindahkan kulit kacangnya didepan Nabi Saw.

Tak lama berselang para sahabat yang lain datang, setelah mengucap salam para sahabat bertanya.., "ya Nabi banyak sekali kacang yang dimakan hingga kulitnya menumpuk begitu banyak."

Lalu Nabi menjawab, "Aku memang banyak memakan kacang, tapi tidak dengan kulitnya, sedangkan Ali memakannya tanpa menyisakan kulitnya, lihatlah tiada satupun tersisa."

Para sahabat tersenyum melihat Ali tersipu...

* * *

Seorang wanita bernama Ummu Aimah datang menghadap Rasulullah. Dia menyampaikan permohonan, "Suamiku mengundang anda."

"Apakah suamimu orang yang di matanya ada putih-putih?"

"Demi Allah, di matanya tidak ada putih-putih." jawab Ummu Aimah serius.

Dengan tersenyum beliau menjelaskan, "Tidak ada seorang pun kecuali ada putih-putih di matanya."

Yang beliau maksud adalah putih-putih yang mengitari hitamnya bola mata. Setiap manusia tentu memilikinya.

* * *

Ada wanita bertubuh besar berkata kepada Nabi Muhammad Saw, "Saya minta tolong, sediakanlah unta agar saya bisa menaikinya."

"Kami akan menyediakan anak unta saja." jawab Nabi.

"Saya tidak akan menaikinya. Anak unta tidak akan sanggup menahan berat badanku." jawab wanita itu dengan serius.

"Bukankah setiap unta adalah anaknya unta?"

* * *

Bergurau dan bercanda tidak dilarang.
Rasulullah juga melakukan.
Tetapi yang perlu kita teladani, GURAUAN RASULULLAH TIDAK ADA MUATAN KEBOHONGAN DAN DUSTA DI DALAMNYA.

--0o0o0--

ADAB DALAM TERTAWA

"Dan bahwasanya Dialah (Allah) yang menjadikan orang tertawa dan menangis." (QS. An Najm: 43)

Banyak orang bilang "Tertawalah, mumpung tertawa belum dilarang." Yup's, tertawa adalah hak setiap orang dan tidak ada larangan dalam tertawa. Namun demikian, ternyata tertawa itu juga ada batasannya. Sebagai manusia waras tentu kita tidak mau kan dikatakan gila gara-gara tertawa-tawa sendiri yang tidak pada tempatnya. Nah, agar kita tetap bisa dikatakan waras maka ikutilah aturan-aturan dibawah ini dalam tertawa.

1. Jangan tertawa yang berlebihan atau terlalu banyak tertawa.
Sesuai sabda Nabi, "Berhati-hatilah dengan banyak tertawa sebab ia menyebabkan hati menjadi mati." (HR. At-Tirmizi)
Tertawa itu boleh, yang tidak boleh itu berlebihannya dalam tertawa tanpa ada sebabnya.

2. Jangan tertawa dengan terbahak bahak. Tertawalah biasa saja, yang wajar wajar saja atau tersenyum, jangan sampai terbahak bahak (ngakak : jawa). Karena tertawa terbahak bahak adalah simbol kebodohan.
Sayyidina Ali karomallaahu wajhah berkata, "Barang siapa yang tertawa terbahak bahak, jika ia orang pandai maka ia telah memuntahkan sebagian ilmunya dan jika ia orang bodoh maka telah bertambahlah kebodohannya."

3. Dilarang mentertawakan kebenaran agama, mentertawakan firman firman Allah.
"Maka tatkala dia datang kepada mereka dengan membawa mukjizat- mukjizat Kami dengan serta merta mereka menertawakannya." (QS. Az-Zukhruf: 47)

4. Jangan berbohong untuk mentertawakan keburukan orang lain, saudara atau teman.
Sesuai sabda Nabi, "Celakalah orang yang berbicara padahal ia berbohong, hanya sekadar untuk membuat orang-orang lain tertawa. Celakalah dia, dan celakalah dia."

5. Jangan mentertawakan orang lain apalagi ahli ibadah, tertawa dengan maksud mengejek atau menyakiti hati adalah dilarang.
"Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu menertawakan mereka." (QS. Al- Mu'minun: 110)

6. Jangan tertawa di tempat-tempat umum yang tidak pantas jika kita tertawa didalamnya, seperti di dalam majlis dzikir, majlis taklim, rumah sakit, saat takziah, dll.

7. Hendaknya tertawa dilakukan pada waktu yang sesuai. Jangan tertawa saat sholat karena dapat membatalkan sholat, tertawa saat makan awas nanti tersedak, dll.

8. Janganlah mentertawakan dosa yang telah dilakukan.
Ibn Abbas berkata "Barangsiapa menjalani dosa sementara ia tertawa maka masuklah ia didalam neraka dengan menangis".

9. Jangan sampai terlalu banyak tertawa hingga kita lalai akan akhirat.
"Maka hendaklah mereka sedikit tertawa dan banyak menangis, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan." (QS. At-Taubah: 82)
Nabi SAW bersabda "Andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui niscaya kalian banyak mengangis dan sedikit tertawa"

10. Jangan tertawa tanpa ada sebab. Bisa disangka gila nanti. :D
Lukman al-Hakim berkata pada anaknya "Wahai anakku...! Janganlah banyak tertawa tanpa kekaguman, Jangan melangkah tanpa ada kepentingan, Jangan bertanya atas hal-hal yang tidak bermanfaat, Janganlah hartamu kau sia-siakan, harta temanmu kau lebih-lebihkan. Karena hartamu adalah yang kau kuasai sedang harta selainmu bukanlah harta yang kau miliki...!"

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermimpi di sunat atau di khitan, bermimpi melihat cincin, bermimpi berjoget, bermimpi meminum obat

Bermimpi di sunat atau di khitan Khitan didalam mimpi melambangkan bersih dari dosa, atau melambangkan berbagai macam kegembiraan dan kesenangan. Barang siapa bermimpi dikhitan, berarti ia telah melakukan amal-amal yang menyebabkan disucikan oleh Alloh dari dosa-dosa. Bermimpi melihat cincin Cincin dalam mimpi melambangkan rasa aman, kekuasaan, istri, anak, dan amal kebajikan sesuai dengan kadar dari mata cincin yang dikenakan. Barang siapa mendapatkan cincin emas, apabila istrinya sedang hamil, maka anaknya akan mati atau hartanya akan hilang. Barang siapa bermimpi menemukan cincin, maka akan mendapatkan harta dari negeri seberang, atau akan dikaruniai anak, atau akan menikahi istri yang shalehah. Bermimpi menari atau berjoget Menari didalam mimpi berarti musibah. Barang siapa mimpi menari untuk seseorang, berarti orang tersebut akan ikut tertimpa musibah. Orang yang sakit ketika bermimpi menari, maka pikirannya akan menjadi kacau. Barang siapa bermimpi di tarik-tarik di ajak menari,

Tips meminum kopi hitam agar tidak merasakan perut kembung

Bagi pencinta peminum kopi yang berbahagia, tentunya buat pencinta kopi hitam khususnya, pastinya akan merasakan kenikmatan yang sungguh nikmat apabila sedang meminum kopi hitam. Sampai-sampai ada yang mengatakan tidak minum kopi satu hari saja bagaikan hidup di neraka, hahaha.. Meminum kopi itu adalah anugrah yang terindah buat para pecinta kopi lovers, apalagi meminum kopi disertai dengan merokok.... Haduh.. Seperti hidup disurga rasanya, hahaha. Mungkin orang-orang banyak yang tidak mengerti, kalau meminum kopi itu bisa mencegah penyakit step dan mencegah demam pada seseorang, karna kopi itu mengandung kafein didalamnya. Bagi pecinta kopi khususnya kopi hitam, tentunya mereka bertanya-tanya dan sampai-sampai ada yang mengeluh sakit di bagian lambungnya. Mereka tidak mengetahui caranya, bagaimana caranya meminum kopi hitam agar tidak sakit di bagian lambungnya. Nah... Sekarang saya akan memberikan tips meminum kopi hitam agar tidak sakit perut atau lambung. Sek

Bermimpi Naik Haji atau Umroh

Bermimpi Naik Haji dan Umroh Barang siapa yang bermimpi naik haji sesuai dengan ajaran islam, berthowaf mengelilingi baitulloh dan melaksanakan manasik, berarti melambangkan : Bahwa dirinya telah melaksanakan ajaran agama dengan baik dan istiqomah, akan mendapatkan pahala, aman dari ketakutan, bisa melunasi hutangnya dan bisa melaksanakan amanat yang dipercayakan oleh kaum muslimin kepadanya. "Apabila seseorang bermimpi pergi naik haji pada musimnya, jika ia dipecat dari jabatannya, maka akan segera mendapatkan kembali jabatannya" "Apabila orang yang mengalami mimpi tersebut dalam bepergian, maka akan selamat, jika seorang pedagang, maka akan mendapatkan keberuntungan, jika sakit akan sembuh, jika punya hutang akan bisa melunasinya, jika belum naik haji akan segera naik haji dan jika dalam kesesatan maka akan mendapat petunjuk dari Alloh Swt". "Apabila seseorang bermimpi naik haji atau umroh, maka ia akan berumur panjang dan segala urusannya akan diterima"